Prodi matematika

Mata kuliah ini membahas tentang topik-topik yang berkaitan dengan pembentukan wawasan kependidikan bagi seorang pengajar. Topik-topik tersebut meliputi peran pendidik dalam administrasi pendidikan, penyikapan tugas dan refleksi professional, kode etik kependidikan serta organisasi professional kependidikan. Mata kuliah ini juga membahas bimbingan dan konseling, ketata usahaan sekolah, serta aplikasinya terhadap profesi guru

Kontrak Kuliah, Materi-Materi Pembahasannya, Pendahuluan, Menggali wawasan mahasiswa/i tentang ilmu prasyarat trigonometri.

Statistika adalah cabang ilmu matematika terapan yang terdiri dari teori dan metoda mengenai bagaimana cara mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasi, menghitung, menjelaskan, mensintesis, menganalisis, dan menafsirkan data yang diperoleh secara sistematis. Dengan demikian, didalamnya terdiri dari sekumpulan prosedur mengenai bagaimana cara:

  • Mengumpulkan data
  • Meringkas data
  • Mengolah data
  • Menyajikan data
  • Menarik kesimpulan dan interpretasi data berdasarkan kumpulan data dan hasil analisisnya

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai masalah terkait dengan bilangan real diantaranya aljabar himpunan dan sistem bilangan real


Mata kuliah ini bermanfaat untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan, khususnya dalam geometri, fisika dan mekanika.  Materi-materi yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini meliputi : a. Vektor dan scalar;  b. Pergandaan antar vektor;  c. Pendiferensialan fungsi vektor;  d. Gradien, divergen dan curl;  e. Integrasi vektor;    f. Transformasi integral;  dan  Koordinat Kurvilinear.


Ruang lingkup mata kuliah matematika ekonomi membahas tentang mengenai relasi

dan fungsi, fungsi linear dan persamaan garis lurus serta aplikasinya dalam

ekonomi ,fungsi tan–linear dan aplikasinya dalam ekonomi,limit suatu fungsi,hitung

diferensial dan aplikasinya dalam ekonomi,dan hitung integral serta aplikasinya

dalam ekonomi. Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah

ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk dapat menerapkan

matematika dalam ekonomi. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan

penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.



Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.