Matakuliah media pembelajaran biologi untuk 14 pertemuan dapat dirancang dengan fokus pada pengembangan keterampilan mengajar dan penggunaan berbagai media untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berikut adalah deskripsi umum untuk setiap pertemuan:

Pertemuan 1-2: Pengenalan Matakuliah dan Pendekatan Pembelajaran Pada pertemuan ini, mahasiswa diperkenalkan dengan struktur dan tujuan matakuliah. Pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran kolaboratif, juga dijelaskan. Diskusi tentang peran media dalam meningkatkan pemahaman biologi.

Pertemuan 3-4: Teori Pembelajaran dan Pemilihan Media Pertemuan ini membahas teori pembelajaran terkini dan bagaimana media dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Mahasiswa memahami konsep pemilihan media yang sesuai dengan konteks pembelajaran biologi.

Pertemuan 5-6: Desain Instruksional Pada pertemuan ini, mahasiswa belajar merancang materi pembelajaran biologi menggunakan pendekatan desain instruksional. Mereka memahami langkah-langkah dalam menyusun tujuan pembelajaran, merancang materi, dan memilih media yang sesuai.

Pertemuan 7-8: Media Visual dalam Pembelajaran Biologi Materi ini membahas penggunaan media visual seperti gambar, grafik, dan video dalam konteks pembelajaran biologi. Mahasiswa belajar cara membuat dan mengintegrasikan media visual yang mendukung materi pelajaran.

Pertemuan 9-10: Media Interaktif dan Simulasi Pertemuan ini fokus pada penggunaan media interaktif dan simulasi dalam pembelajaran biologi. Mahasiswa diperkenalkan dengan perangkat lunak dan alat pembelajaran yang memungkinkan interaktivitas dan simulasi.

Pertemuan 11-12: E-learning dan Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa memahami konsep e-learning dan strategi pembelajaran jarak jauh dalam konteks biologi. Diskusi melibatkan penggunaan platform pembelajaran daring, manajemen kelas virtual, dan alat kolaboratif.

Pertemuan 13: Evaluasi Media Pembelajaran Materi ini membahas metode evaluasi efektivitas media pembelajaran, baik dari perspektif pengajar maupun siswa. Mahasiswa memahami pentingnya penilaian berkala dan perbaikan konten media.

Pertemuan 14: Presentasi Proyek Media Pembelajaran Pada pertemuan terakhir, mahasiswa mempresentasikan proyek media pembelajaran yang telah mereka rancang. Proses ini mencakup penjelasan konsep, pemilihan media, dan alasan di balik desain instruksional yang dipilih.